Pengertian Bilingual
Kesadaran mengajarkan bahasa lain selain
bahasa ibu kepada anak-anak, termasuk pengajaran bahasa Inggris kepada
anak-anak, telah diterjadi di berbagai negara bahkan pembelajarannya telah
dilakukan beberapa dekade yang lalu misalnya di Inggris (Scott, 1991:43) atau
di negara-negara seperti Kanada, Finlandia, dll (Jonson dan Swain, 1997).
Pembelajaran tersebut dikemas dalam program yang dikenal sebagai program
bilingual atau program imersi (immersion program). Secara rancangan, program
bilingual atau program imersi merupakan program yang berbeda. Namun tidak
jarang kedua istilah tersebut sering saling dipertukarkan penggunaannya dan
dianggap sama. Bagian berikut akan membahas pembelajaran bilingual.
Pengertian Bilingual dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia (1996) mampu atau biasa memakai dua bahasa dengan baik dan
bersangkutan dengan atau mengandung dua bahasa. Contoh Bilingual dalam
pelaksanaan pembelajaran adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Pembelajaran bilingual, seperti tercermin pada
istilahnya, adalah semacam pembelajaran di mana dua bahasa digunakan secara
kombinasi. Dalam pembelajaran bilingual umumnya digunakan kombinasi bahasa ibu
dan bahasa lain selain bahasa ibu. Tujuan pembelajaran bilingual adalah
utamanya memberikan bekal ketrampilan berbahasa kepada siswa yang mencakup
keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa selain
bahasa ibu, di samping membelajarkan isi melalui keterampilan berbahasa
tersebut.
Menurut Hurlock (1993), dwibahasa
(bilingualism) adalah kemampuan menggunakan dua bahasa. Kemampuan ini tidak
hanya dalam berbicara dan menulis tetapi juga kemampuan memahami apa yang
dikomunikasikan orang lain secara lisan dan tertulis. Anak yang memiliki
kemampuan dwibahasa memahami bahasa asing dengan baik seperti halnya pemahaman
anak terhadap bahasa ibunya. Anak mampu berbicara, membaca dan menulis dalam
dua bahasa dengan kemampuan yang sama. Pelaksanaan pembelajaran secara
bilingual menjadikan anak dapat memiliki pemahaman berkomunikasi lisan dan
dapat berbicara dalam dua bahasa.
Prinsip bilingual teaching
a.
Penggunaan bilingual
dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sehingga dapat berkomunikasi dengan
menggunakan dua bahasa yang dipelajari atau bahasa yang biasa digunakan oleh
orang dilingkungannya.
b.
Penggunaan bilingual
membantu seseorang mengenal budaya asing, karena setiap bahasa berjalan dengan
sistem perilaku dan budaya yang berbeda. Dengan mengenal bahasa, seseorang
dapat mengenal budaya dari bahasa tersebut, juga menumbuhkan sikap toleransi
terhadap orang lain yang memiliki budaya berbeda.
c.
Penggunaan bilingual
mengembangkan kemampuan berpikir seseorang menjadi kreatif dan memiliki dua
atau lebih kata-kata untuk setiap obyek dan ide, juga membuat seseorang lebih
hati-hati dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda bahasa.
d.
Penggunaan bilingual dapat
menumbuhkan dan menaikkan rasa percaya diri pada seseorang, karena dengan
menguasai dua bahasa seseorang lebih berani untuk berkomunikasi dan tetap
merasa aman dalam lingkungan yang menggunakan duabahasa yang dipahami olehnya.
e.
Penggunaan bilingual
akan memudahkan seseorang mempelajari bahasa yang ketiga, ketika orang itu
sudah menguasai dua bahasa.